Sejarah Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih

Diposkan Oleh : ASRAL | Tanggal : 24 Juli 2019 21:37:54 | Kategori : Berita Desa
  • Berdasarkan Undang-Undang nomor 32 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Tahun 2005 Tentang Desa. Sehingganya Pemerintah Desa kembali kepada Pemerintah Nagari, yaitu "NAGARI SURANTIH" dari 7 (tujuh) Desa dibawah 1 (satu) kerapatan Adat Nagari Surantih yang dipimpin oleh " ALMASR,SY ". Yang terdiri dari 13 (tiga belas) Kampung, mulai dari ombak badabu sampai ka gunung bakabuik. 
  • Pada Tahun 2010 Wali Nagari ALMASRI SY  habis masa periodenya kemudian pada tahun ini juga diadakan pemilihan Wali Nagari baru yang dipimpin oleh "KHAIRUL KADRI" dimasa periode "KHAIRUL KADRI" keluarlah Peraturan  Daerah Propinsi Sumatera Barat Nomor : 2 Tahun 2007 tentang Pokok -pokok Nagari. dan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Nomor : 8 Tahun 2007 Tentang Pemerintah Nagari sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Nomor : 9 Tahun 2010 tentang perubahanatas Daerah Kabupaten Pesisir Selatan nomor : 8 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Nagari. Nagari Surantih di mekarkan menjadi 7 (tujuh ) Nagari dibawah 1 (satu) Kerapatan Adat Nagari Surantih yaitu :
  • 1. Nagari Surantih
  • 2. Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih
  • 3. Nagari Aur Duri Surantih
  • 4. Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih
  • 5. Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih
  • 6. Nagari Gantiang Mudiek Selatan Surantih
  • 7. Nagari Gantiang Mudiek Utara Surantih
  •  Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Nomor : 63 Tahun 2011 tentang Pembentukan Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih Kecamatan Sutera dipimpin Langsung dari Pegawai Camat (PNS) sebagai Penjabat Wali Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih yaitu "YELINDO" dan dibantu oleh 2 (dua) orang Kepala Urusan yakni : 1. Kepala Urusan Pemerintahan (ABDULLAH), dan Kepala Urusan Kemasyarakatan (MARDIANA), dan 2 (dua) OrangKepala Kampung. Saudara ASRAL Kepala Kampung Rawang dan Gunung Malelo saudara YUSNALEN.
  • Pada masa Penjabat WaliNagari terbentuk Badan Permusyawaratan Nagari yang disingkat "BAMUS Nag" yang terdiri dari 5 (lima) orang dari 5 (lima) Unsur diketuai oleh HASAN BASRI DARI UNSUR Niniek Mamak, wakil ketua BUSTARUDDIN  dari unsur Cadiek Pandai, Sekretaris KHATIB ALISREL dari unsur Alim Ulama, Anggota FAUZAN AZHARI dari unsur Generasi Muda, dan ETI dari unsur Bundo Kanduang. Dengan kerja sama Pemerintah Nagari bersama masyarakat secara aman, damai dan lancar dilakukan Wali Nagari Defenitif yaitu " SERI " seorang tokoh muda yang usaha. Pada bulan Desember 2018 habis masa jabatan Wali Nagari " SERI " kembali Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih dijabat oleh Pegawai Negeri Sipil dari kecamatan yaitu "AKPAL RIZONLY " Dalam  masa tugas Penjabat Wali Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih terbentuk BAMUS Nagari dari 4 (empat) unsur.  Karena unsur Niniek Mamak tidak menemui kesepakatan untuk menentukan Calonnya, adapun 4 (empat) unsur tersebut adalah : Unsur Cadiek Pandai ( Yusnalen ), Unsur Ulama ( Khatib Alisrel ), Unsur Generasi Muda ( Ikal Putra ), dan Unsur Bundo Kanduang (Nuranis ). Tugas utama dari BAMUS membentuk PILWANA untuk Pemilihan Wali Nagari devenitif. Pada Tanggal 3 Mei 2018 terpilihlah Wali Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih yaitu " APRIZAL " dan dilantik pada tanggal 14 Mei 2018. Dan pada bulan November 2018 dari BAMUS Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih terbentuk Unsur Niniek Mamak  ALI AMLAT.

Komentar untuk artikel ini telah ditutup.